EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2022/2023)

Saesariyanti, Pipit (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (395kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (632kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (459kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan usaha sadar dan sistematis yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam prosesnya, pembelajaran melibatkan berbagai komponen, antara lain guru dan model pembelajaran. Guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat supaya menciptakan suasana belajar yang menggugah dan memudahkan peserta didik. Penerapan model pembelajaran, nyatanya masih menjadi kendala. Implementasi sintaks model yang belum tepat membuat peserta didik cenderung pasif dan kesulitan dalam beberapa materi, antara lain materi menelaah dan menyajikan teks persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran RADEC dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi. Metode penelitian yang digunakan, yakni metode eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni teknik wawancara, observasi, dan tes. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel 44 peserta didik dari kelas VIII G sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh data hasil pretest dan postest dari dua kompetensi dasar yang diteliti. Data tersebut kemudian diuji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas, diperoleh data yang berdistribusi normal dan tidak berdistribusi normal, sedangkan hasil uji homogenitas menunjukkan keseluruhan data homogen. Maka, uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji wilcoxon. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji t terhadap nilai postest menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi kelas eksperimen dan kelas kontrol, adalah nilai Sig. (2- tailed) 0,000<0,05. Sementara untuk hasil uji wilcoxon nilai postest menyajikan teks persuasi kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,030<0,05. Artinya kedua hipotesis yang diajukan diterima, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model RADEC. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC memberikan efektivitas dalam pembalajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:02
Last Modified: 15 Dec 2023 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11361

Actions (login required)

View Item View Item