PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, FINANCIAL ATTITUDE, DAN PEER GROUP TERHADAP FINANCIAL LITERACY (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi Angkatan 2016 dan 2017)

Azhara, Dina (2023) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, FINANCIAL ATTITUDE, DAN PEER GROUP TERHADAP FINANCIAL LITERACY (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi Angkatan 2016 dan 2017). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Lembar Revisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (494kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Kata Pengantar, Ucapan Terima Kasih, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan financial literacy Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 dan 2017 Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap financial literacy mahasiswa, (2) mengatahui pengaruh financial attitude terhadap financial literacy mahasiswa, (3) mengatahui pengaruh peer group terhadap financial literacy mahasiswa, (4) mengatahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua, financial attitude dan peer group terhadap financial literacy mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan desain ekplanatori. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan populasi sebanyak 231 mahasiswa dan terknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 146 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis uji t menunjukan tidak terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap financial literacy Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2016 dan 2017 Universitas Siliwangi dengan nilai signifikansi 0,080 dan thitung 1,765, terdapat pengaruh financial attitude terhadap financial literacy Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2016 dan 2017 Universitas Siliwangi dengan nilai signifikansi 0,000 dan thitung 3,786, terdapat pengaruh peer group terhadap financial literacy Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2016 dan 2017 Universitas Siliwangi dengan nilai signifikansi 0,000 dan thitung 3,735, serta hasil uji f menunjukan terdapat pengaruh secara simultan status sosial ekonomi orang tua, financial attitude dan peer group terhadap financial literacy Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2016 dan 2017 Universitas Siliwangi dengan nilai signifikansi 0,000 dan fhitung 15,809. Kata Kunci : Financial, attitude, literacy, peer group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:02
Last Modified: 15 Dec 2023 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item