PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana di Kelas XI IPS SMA Islam Terpadu Ibadurrohman)

Hardiyanti, Desi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana di Kelas XI IPS SMA Islam Terpadu Ibadurrohman). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (200kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (104kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (118kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (184kB)
[img] Text
06. Ucapan terimakasih.pdf

Download (295kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar.pdf

Download (295kB)
[img] Text
08. Daftar isi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (184kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (183kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (180kB)
[img] Text
12. BAB I..pdf

Download (204kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (594kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan di SMA Islam Terpadu Ibadurrohman. Pendidikan telah memiliki peranan yang sangat penting diawali di keluarga sejak manusia tersebut lahir. Pendidikan di zaman modern ini tentulah harus mampu menarik minat peserta didik ketika proses belajar dan mengajar. Pengunaan model pembelajaran dirasa adalah salah satu upaya pembaharuan dalam proses belajar dikelas terutama bagi materi yang dianggap cukup sulit oleh peserta didik salah satunya adalah materi tentang Mitigasi bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Observasi digunakan untuk memperoleh data awal tentang pelaksanaan pembelajaran. kemudian tes pilihan ganda digunakan untuk mengetahui pencapainnya. Kemudian studi dokumentasi sebagai bukti dalam melakukan penelitian dan studi literatur untuk membantu peneliti dalam menambah dasar�dasar teori dari para ahli sebelumnya. Mata pelajaran Geografi ini berada di kelas XI IPS dengan jumlah 24 orang peserta didik . Sampel diambil sebanyak satu kelas yaitu dengan total sampling namun sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning hasil yang didapatkan masih rendah. Setelah dilakukannya serangkaian test kemudian penerapan model pembelajaran Project Based Learning maka untuk kelas XI IPS mengalami peningkatan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kawasan kognitif maka didapatkan skor rata-rata pre-test 17,5 dan skor rata-rata post-test 27,6. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kawasan kognitif dengan jumlah rata-rata pre-test 11,3 dan post-test 22,5. Pada kawasan sikap maka didapatkan rata-rata 3,5 kategori baik dan pada perilaku peserta didik didapatkan skor rata-rata 3,2 kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan hasil thitung 1,01 dan ttabel 0,65. Sedangkan pada peningkatan hasil belajar peserta didik didapatkan thitung 0,95 dan ttabel 0,68 maka didapatkan Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan adanya peningkatan penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dan mampu berperan aktif dalam menanggapi materi yang disampaikan dengan mampu kembali menjelaskan materi dengan baik menggunakan bahasa sendiri. Kata kunci : Project Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:40
Last Modified: 06 Dec 2023 07:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item