PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Madani, Ega (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
A. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
B. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
C. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
D. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
E. KATA PENGANTAR.pdf

Download (298kB)
[img] Text
F. DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
G. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
H. BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
I. BAB III.pdf

Download (425kB)
[img] Text
J. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
K. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
M. LAMPIRAN-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
N. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Kurikulum pendidikan 2013 revisi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu mendengarkan, membaca, memirsa, dan menulis. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik adalah KD 3.1 dan 4.1 yaitu mengidentifikasi dan menginterpretasi teks laporan hasil obsersvasi. Pemerolehan nilai mengidentifikasi dan menginterpretasi teks laporan hasil observasi peserta didik belum mencapai SKBM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Sebagian besar peserta didik kelas X IPA 1 MAN 2 Kota Tasikmalaya belum menguasai kompetensi dalam mengidentifikasi dan menginterpretasi teks laporan hasil observasi. Penulis melaksanakan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dapat tidaknya model Pembelajaran Cooperative Script meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menginterpretasi teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X IPA 1 MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes dengan sumber data peserta didik kelas X IPA 1 MAN 2 Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian yang penulis laksanakan menunjukkan siklus kesatu pemerolehan nilai pengetahuan peserta didik yang mencapai SKBM sebanyak 17 orang (54%) sedangkan yang belum mencapai SKBM sebanyak 15 orang (46%) dan nilai peserta didik di siklus kedua sebanyak 32 orang (100%) mencapai SKBM. Dalam kompetensi keterampilan hasil pemerolehan nilai peserta didik siklus kesatu sebanyak 14 orang (45%) sudah mencapai SKBM dan sebanyak 18 orang (55%) belum mencapai SKBM sedangkan pada siklus kedua sebanyak 32 orang (100%) sudah mencapai SKBM. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan serta mengiterpretasi isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X IPA 1 MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:05
Last Modified: 06 Dec 2023 04:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

View Item View Item