PENERAPAN AUGMENTED REALITY SINGLE MARKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI ORIGAMI TINGKAT DASAR BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK – ANAK

Hataul, Muhamad Fariz (2020) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SINGLE MARKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI ORIGAMI TINGKAT DASAR BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK – ANAK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (539kB)
[img] Text
04. Abstract.pdf

Download (31kB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (89kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
08. Daftar Tabel.pdf

Download (91kB)
[img] Text
09. Daftar Gambar.pdf

Download (32kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
11. Bab II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
12. Bab III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
17. Marker Aplikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek dalam meningkatkan sumber daya manusia yang terus diperbaiki dan direnovasi dari segala aspek. Pendidikan sebagai tempat pertumbuhan terjadi bilamana mampu mengembangkan potensi anak yang tersembunyi yang disebut potensialitas pertumbuhan. Origami dapat merangsang kreativitas anak, serta dapat mengasah sensor motorik anak. Pengenalan origami kepada anak sejak masih kecil dapat mengasah otak mereka untuk berpikir secara kreatif. Pengenalan origami dapat melalui sebuah aplikasi. Aplikasi tersebut dapat berupa augmented reality single marker yang dikemas dalam bentuk video animasi berbasis Android. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini menggunakan metodologi penelitian design and creation, dan menggunakan metode luther-sutopo untuk pengembangan aplikasinya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran berbasis Android yang bernama Belajar Origami. Aplikasi ini menggunakan buku bacaan sebagai markernya, kemudian aplikasi ini juga menyediakan fitur video animasi bagaimana cara melipat origami yang diiinginkan serta fitur kuis. Pengujian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa marker yang dibuat mempunyai kualitas yang cukup bagus, sehingga ketika dipakai atau di ujikan pada aplikasi, kebanyakan marker – marker tersebut dapat muncul pada detik pertama. Selanjutnya aplikasi di ujikan kepada pengguna akhir. Hasilnya, setelah diberikan kepada pengguna akhir sebanyak 17 orang, menghasilkan persentase 73% dengan kategori “sangat baik”. Kata Kunci: Augmented Reality, Marker, Origami, Single Marker

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:22
Last Modified: 06 Dec 2023 02:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item