Aeni, Ika Riska (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN SERTA MAKNA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (92kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (113kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (160kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (400kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (304kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
|
Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia berbasis genre teks. Salah satu jenis teks yang harus dipelajari di kelas VIII adalah puisi, sebagaimana kompetensi dasar yang tercantum dalam Silabus yakni 3.7 Mengidentifikasi unsur�unsur pembangun teks puisi yang dibaca dan diperdengarkan dan 4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang dibaca dan diperdengarkan. Kompetensi dasar tersebut harus dicapai oleh peserta didik. Meskipun demikian, dalam kenyataanya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang masih banyak yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 78. Karena itulah, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas untuk menjelaskan dapat tidaknya model pembelajaran Teams Games Tournament meningkatkan kemampuan peserta didik dalam kompetensi dasar 3.7 dan 4.7. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan dari siklus kesatu dan siklus kedua, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran pada siklus kesatu dalam kompetensi dasar 3.7 mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11 orang (34%) sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 21 orang (66%). Pada kompetensi dasar 4.7 menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (53%) sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 15 orang (47%). Sementara pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keterampilan seluruh peserta didik sebanyak 32 orang (100%) mencapai KKM. Hasil dan pembahasan ini menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun serta makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 1 Padakembang Kabupaten Tasikmalaya Tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 03:18 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 03:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11216 |
Actions (login required)
View Item |