PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Fitri, Febriani Aidiel (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3 SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (129kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (320kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (213kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII yaitu KD 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca dan KD 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat, ke dalam bentuk teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan atau keragaman budaya, dan lain-lain) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek, lisan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu dapatkah model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan tekks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022? Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 11 tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Hasil pengolahan data menunjukkan di atas, Pada siklus kesatu dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 19 peserta didik (64%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 12 peserta didik (36%). Pada siklus kedua semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 31 orang (100%). Pada siklus kesatu dalam hal keterampilan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 20 peserta didik (65%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 peserta didik (35%). Pada siklus kedua semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Data di atas menunjukkan hipotesis terbukti. Artinya , model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kiadah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:50
Last Modified: 04 Dec 2023 03:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11181

Actions (login required)

View Item View Item