Fitri, Febriani Aidiel (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMPN 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (79kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (74kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (129kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (150kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (157kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (320kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (213kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
|
Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
15 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII yaitu KD 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca dan KD 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat, ke dalam bentuk teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan atau keragaman budaya, dan lain-lain) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek, lisan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu dapatkah model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan tekks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022? Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 11 tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Hasil pengolahan data menunjukkan di atas, Pada siklus kesatu dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 19 peserta didik (64%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 12 peserta didik (36%). Pada siklus kedua semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 31 orang (100%). Pada siklus kesatu dalam hal keterampilan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 20 peserta didik (65%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 peserta didik (35%). Pada siklus kedua semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Data di atas menunjukkan hipotesis terbukti. Artinya , model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kiadah kebahasaan dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMPN 11 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:50 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11181 |
Actions (login required)
View Item |