PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS ULASAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Annajiah, Jihan (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS ULASAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Lampiran A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
Lampiran B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
Lampiran C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
Lampiran E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Aspek penting yang menunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah kesesuaian materi dan model pembelajaran yang digunakan. Fenomena permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini berkaitan dengan model pembelajaran. Dengan menawarkan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks ulasan diyakini dapat menjadi solusi agar peserta didik berperan aktif dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks ulasan pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan yakni 55,41 (pretest) dan 83,63 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,6. Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menyajikan teks ulasan yakni 68,54 (pretest) dan 89,6 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,6. Sedangkan rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan yakni 36,97 (pretest) dan 72,93 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,5. Rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menyajikan teks ulasan yakni 65,66 (pretest) dan 81,17 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,3. Sebelum melakukan uji hipotesis, diperlukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, telah diketahui bahwa data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks ulasan pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:49
Last Modified: 04 Dec 2023 03:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item