Annajiah, Jihan (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS ULASAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (16kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (246kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (178kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (163kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text
Lampiran A.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
Lampiran B.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
Lampiran C.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Lampiran D.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
Text
Lampiran E.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Aspek penting yang menunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah kesesuaian materi dan model pembelajaran yang digunakan. Fenomena permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini berkaitan dengan model pembelajaran. Dengan menawarkan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks ulasan diyakini dapat menjadi solusi agar peserta didik berperan aktif dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks ulasan pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan yakni 55,41 (pretest) dan 83,63 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,6. Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran menyajikan teks ulasan yakni 68,54 (pretest) dan 89,6 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,6. Sedangkan rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan yakni 36,97 (pretest) dan 72,93 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,5. Rata-rata nilai peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran menyajikan teks ulasan yakni 65,66 (pretest) dan 81,17 (posttest) dengan rata-rata peningkatannya sebesar 0,3. Sebelum melakukan uji hipotesis, diperlukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, telah diketahui bahwa data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks ulasan pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:49 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11166 |
Actions (login required)
View Item |