DAYA SAING KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

HAKEEM, CORNELIA ZAHRADIA ABDUL (2023) DAYA SAING KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
2. pernyataan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (288kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Komoditas perkebunan kopi bersifat komersial, yang berarti bahwa produksi kopi dituntut untuk memiliki dan mampu menguasai daya saing yang tinggi agar dapat mencapai pangsa pasar global yang optimal. Indonesia menduduki peringkat keempat produsen kopi terbesar di dunia, pada 10 tahun terakhir (2011-2021), volume dan nilai ekpor Indonesia bersifat fluktuatif. Penelitian ini untuk menganalisis daya saing komparatif dan kompetitif kopi Indonesia di pasar Internasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif deskriftif untuk jenis data yang digunakan yaitu data sekunder diperoleh dari United Nations Commodity Trade Statistics Database (UN Comtrade) serta Direktorat Jenderal Perkebunan tahun 2011-2021. Metode analisis yang digunakan yaitu Revealed Comparative Advantage (RCA), disempurnakan dengan Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA), serta Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP). Hasil analisis Revealed Comparative Advantage (RCA) Indonesia memperoleh nilai 3,60 dan Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA) dengan nilai 0,53, sehingga menunjukkan kopi Indonesia memiliki keunggulan komparatif, yang berarti memiliki daya saing kuat. Hasil analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) dengan memperoleh niali 0,89, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan kompetitif yang berarti Indonesia sebagai negara pengekspor komoditi kopi dan berada pada posisi tahap kematangan. Kata Kunci: Daya Saing, Kopi, Keunggulan Komparatif, Keunggulan Kompetitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Dec 2023 00:42
Last Modified: 01 Dec 2023 00:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11131

Actions (login required)

View Item View Item