HUBUNGAN FAKTOR KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK UMUM UPTD PUSKESMAS KERSANAGARA KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023

UNTARI, TASYA GIANDWI (2023) HUBUNGAN FAKTOR KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK UMUM UPTD PUSKESMAS KERSANAGARA KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (162kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
3. lembar pengesahan new.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. Halaman Pernyataan.pdf

Download (188kB)
[img] Text
8. Abstrak.pdf

Download (258kB)
[img] Text
5. Halaman Persembahan.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. Kata pengantar baru.pdf

Download (945kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.pdf

Download (166kB)
[img] Text
11. Daftar Gambar.pdf

Download (136kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (304kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
17. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
19. Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan sangat berkaitan erat dengan aspek kepuasan pasien. Kepuasan pasien menjadi salah cara untuk membandingkan antara persepsi pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan. Oleh karena itu, semakin baik kualitas pelayanan maka semakin baik pula kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan faktor-faktor kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Kersanagara Kota Tasikmalaya Tahun 2023. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan menggunakan pendekatan studi cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien yang sedang berobat di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Kersanagara Kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 256 responden. Sampel diambil menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengisian kuesioner oleh responden. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara faktor kehandalan (p=0,000), faktor daya tanggap (p=0,000), faktor jaminan (p=0,021), faktor empati (p=0,000), dan faktor bukti fisik (p=0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Umum UPTD Puskesmas Kersanagara Kota Tasikmalaya. Saran yang diberikan untuk puskesmas yaitu perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan seperti peningkatan kedisiplinan petugas kesehatan, keramahan dan kesopanan, serta pemeliharaan dan pengecekan secara rutin fasilitas kesehatan yang digunakan. Kata Kunci: Puskesmas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:45
Last Modified: 02 Nov 2023 02:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item