Budiyanto, Asep (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HASIL OBSERVASI DALAM BENTUK PARAGRAF DESKRIPTIF (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cikijing Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (92kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (64kB) |
|
Text
4. Kata Pengantar.pdf Download (87kB) |
|
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (49kB) |
|
Text
6. Bab I - V.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
Abstract
Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Depdiknas, 2006: 262) “Menulis paragraf deskriptif merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas X SMA.” Meskipun demikian, kenyataan di SMA Negeri 1 Cikijing Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2017/2018 menunjukan bahwa masih banyak siswa kelas X-6 yang belum mampu menulis paragraf deskriptif. Paragraf deskriptif di sini salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis adalah pembelajaran menulis menggunakan model pembelajaran Writing Picture. Rumusan masalah penelitian ini ialah dapatkah model pembelajaran Writing Picture meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskriptif dalam pembelajaran menulis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikijing Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Writing Picture meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskriptif dalam pembelajaran menulis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikijing Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2017/2018. Metode yang penulis gunakan dalam penelititan ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian yang penulis laksanakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan sikap serta peningkatan kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Cikijing Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2017/2018. Data hasil penelitian yang mendukung keberhasilan ini adalah sebagai berikut. Pada siklus pertama, siswa yang aktif hanya 3,45%, siswa yang bersungguh-sungguh 6,90%, dan siswa yang berpartisipasi 10,34%. Pada siklus kedua, siswa yang aktif 58,62%, siswa yang bersungguh-sungguh 62,07%, dan siswa yang berpartisipasi 34,48%. Perolehan pada siklus kesatu siswa yang memperoleh nilai hasil belajar sesuai KKM ada 12 orang (41,38%). Pada siklus kedua, semua siswa memperoleh nilai hasil belajar sesuai KKM (100%). Adanya perubahan dan peningkatan perolehan nilai proses dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Writing Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskriptif pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Cikijing Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2017/2018. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis hasil penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 04:22 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 04:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1104 |
Actions (login required)
View Item |