RATNASARI, RATNASARI (2023) PEMASARAN JAGUNG PIPILAN KERING DARI DESA CIBONGAS KECAMATAN PANCATENGAH KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (380kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
|
Text
5. ABSTRACK.pdf Download (300kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (516kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (499kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (414kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (298kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (413kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (532kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (548kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (667kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
Abstract
Jagung pipilan kering sebagian besar digunakan sebagai komponen utama dalam ransum pakan. Proses pemasaran jagung pipilan kering sampai ke pabrik melibatkan beberapa lembaga pemasaran, yaitu orang atau lembaga yang terlibat dalam proses pemasaran jagung pipilan kering. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran dan fungsi pemasaran jagung pipilan kering, menganalisis besarnya biaya pemasaran, keuntungan pemasaran margin pemasaran dan harga yang diterima oleh petani (farmer’s share) pada saluran pemasaran jagung pipilan kering yang telah terbentuk di Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya. Daerah penelitian ditentukan secara purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei. Penentuan responden lembaga pemasaran yang terlibat dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling dengan sampel pedagang pengumpul 5 orang dan pedagang besar 1 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ada satu saluran pemasaran. Saluran pemasaran yang terbentuk merupakan saluran pemasaran dua tingkat, yaitu pedagang pengumpul-pedagang besar-pabrik pakan ayam petelur. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pengumpul yaitu pembelian, penjualan, pengangkutan, penyimpanan, pengemasan, pengeringan, dan pembiayaan. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang besar yaitu pembelian, penjualan, pengangkutan dan pembiayaan. Biaya pemasaran Rp 1.387,22 per kilogram. Keuntungan pemasaran Rp 4.612,78 per kilogram. Margin pemasaran Rp 2.000 per kilogram. Farmer’s share sebesar 66,67 persen. Kata Kunci : Farmer’s share, Jagung, Marjin, Pemasaran, Saluran,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 01:51 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 01:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11007 |
Actions (login required)
View Item |