PENGARUH PENGETAHUAN DAN SOSIALISASI ZAKAT TERHADAP MINAT MUZAKI MEMBAYAR ZAKAT DI YAYASAN RYDHA TANGERANG

Iftiyah, Yuyun Maryatul (2019) PENGARUH PENGETAHUAN DAN SOSIALISASI ZAKAT TERHADAP MINAT MUZAKI MEMBAYAR ZAKAT DI YAYASAN RYDHA TANGERANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
04. MOTTO HIDUP.pdf

Download (187kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
06. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (533kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (279kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
09. DAFTAR TABEL.pdf

Download (320kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (166kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (941kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (705kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yuyun Maryatul Iftiyah, 2019 Pengaruh Pengetahuan dan Sosialisasi Zakat Terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat Di Yayasan Rydha Tangerang : Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi Yayasan Rydha dalam 3 tahun terakhir memiliki data muzaki yang meningkat setiap tahunnya, namun hal tersebut tidak mampu memaksimalkan potensi, target, dan realisasi penghimpunan dana zakat, sehingga menyebabkan turunnya minat muzaki untuk membayar zakat kembali di Yayasan Rydha . Ada beberapa faktor yang menyebabkan turunnya minat muzaki, yaitu faktor dorongan dari dalam meliputi pengetahuan dan faktor motif sosial meliputi sosialisai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan dan sosialisasi berpengaruh terhadap minat muzaki membayar zakat di Yayasan Rydha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 1.250 muzaki, dan sampel yang diambil sejumlah 92 muzaki dan menggunakan Teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan muzaki, sosialisasi zakat, dan minat muzaki membayar zakat di Yayasan Rydha. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperoleh simpulan sebagai berikut: Dari hasil pengolahan data menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat yang berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh nilai sebesar 0.453. koefisien determinasi sebesar 20,5%, persamaan regresi Y= 21,079+ 0.303 X1.dan uji statistik t taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung> ttabel (4,818>1,986). Sosialisasi zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat yang berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh nilai sebesar 0.461. koefisien determinasi sebesar 21,3%, persamaan regresi Y= 18,958+0.373 X2 dan uji statistik t taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel ( 4,931> 1,986). Pengetahuan dan sosialisasi zakat secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzaki berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh 0.515, koefisien determinasi 26,5%., persamaan regresi Y=17,520+0.187X1+0.243X2.dan uji statistik taraf signifikansi 0.05 diperoleh dan Fhitung > Ftabel ( 16,035 > 3.10). Maka Ha yang menyatakan Pengetahuan dan Sosialisasi zakat berpengaruh secara signifikan diterima dan Ho ditolak Kata kunci: Pengetahuan, Sosialisasi, Minat Muzaki, Zakat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:51
Last Modified: 18 Oct 2023 03:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10999

Actions (login required)

View Item View Item