ANALISIS USABILITY APLIKASI JUAL BELI ONLINE SHOPEE DAN TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Cahdiyanti, Deti (2023) ANALISIS USABILITY APLIKASI JUAL BELI ONLINE SHOPEE DAN TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (167kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI SIDANG TUGAS AKHIR.pdf

Download (207kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (225kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan e-commerce terus meningkat menyebabkan banyaknya aplikasi marketplace yang muncul sebagai penyedia layanan jual beli online pasar Indonesia salah satunya Shopee dan Tiktok Shop. Meskipun tingginya tingkat penggunaan aplikasi belanja online tidak sepenuhnya sejalan dengan kepuasan pengguna, masih banyak yang memberikan komentar negatif di Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat usability aplikasi Shopee dan Tiktok Shop. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA), dengan 5 variabel yaitu learnability, efficiency, satisfaction, error, dan memorability. Berdasarkan hasil analisis pada aplikasi Shopee dan Tiktok Shop dengan penerapan metode Importance Performance Analysis (IPA) responden Shopee menjawab 80,86% menyatakan penting untuk variabel Importance dan menjawab 81,78% menyatakan baik untuk variabel Performance. Sedangkan untuk responden Tiktok Shop menjawab 85,02% menyatakan penting untuk variabel Importance dan menjawab 84,85% menyatakan baik untuk variabel Performance. Hasil perhitungan analisis GAP pada nilai kesenjangan masing-masing aplikasi masih kurang dari 0 yaitu -0,01 hal ini menunjukkan secara keseluruhan kualitas layanan aplikasi Shopee dan Tiktok Shop telah memiliki kinerja yang cukup baik, namun belum memenuhi harapan pengguna, sehingga masih perlu perbaikan khususnya atribut yang menjadi prioritas utama dilakukan perbaikan. Kata Kunci : Importance Performance Analysis, Shopee, Tiktok Shop, Usability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:26
Last Modified: 15 Sep 2023 03:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item