Cahdiyanti, Deti (2023) ANALISIS USABILITY APLIKASI JUAL BELI ONLINE SHOPEE DAN TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (127kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf Download (167kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (179kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI SIDANG TUGAS AKHIR.pdf Download (207kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (192kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (225kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (608kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (253kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan e-commerce terus meningkat menyebabkan banyaknya aplikasi marketplace yang muncul sebagai penyedia layanan jual beli online pasar Indonesia salah satunya Shopee dan Tiktok Shop. Meskipun tingginya tingkat penggunaan aplikasi belanja online tidak sepenuhnya sejalan dengan kepuasan pengguna, masih banyak yang memberikan komentar negatif di Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat usability aplikasi Shopee dan Tiktok Shop. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA), dengan 5 variabel yaitu learnability, efficiency, satisfaction, error, dan memorability. Berdasarkan hasil analisis pada aplikasi Shopee dan Tiktok Shop dengan penerapan metode Importance Performance Analysis (IPA) responden Shopee menjawab 80,86% menyatakan penting untuk variabel Importance dan menjawab 81,78% menyatakan baik untuk variabel Performance. Sedangkan untuk responden Tiktok Shop menjawab 85,02% menyatakan penting untuk variabel Importance dan menjawab 84,85% menyatakan baik untuk variabel Performance. Hasil perhitungan analisis GAP pada nilai kesenjangan masing-masing aplikasi masih kurang dari 0 yaitu -0,01 hal ini menunjukkan secara keseluruhan kualitas layanan aplikasi Shopee dan Tiktok Shop telah memiliki kinerja yang cukup baik, namun belum memenuhi harapan pengguna, sehingga masih perlu perbaikan khususnya atribut yang menjadi prioritas utama dilakukan perbaikan. Kata Kunci : Importance Performance Analysis, Shopee, Tiktok Shop, Usability
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:26 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10957 |
Actions (login required)
View Item |