PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN MINAT ENTREPRENEUR PESERTA DIDIK BERBASIS POTENSI LOKAL (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya pada Sub Materi Pelestarian dan Pemanfaatan Produk Kebudayaan Indonesia dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata)

HINDAYATI, IDA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN MINAT ENTREPRENEUR PESERTA DIDIK BERBASIS POTENSI LOKAL (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya pada Sub Materi Pelestarian dan Pemanfaatan Produk Kebudayaan Indonesia dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGSAHAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
3 LEMBARAN PERYATAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
4 ABTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.pdf

Download (74kB)
[img] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (221kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (560kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap tingkat pemahaman dan minat entrepreneur peserta didik di SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Pembelajaran dapat diperoleh peserta didik tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, namun di luar lingkungan sekolah peserta didik dapat menggali pengetahuan terkait materi di kelas melalui metode pembelajaran field trip. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research) dengan desain posttest only control design. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang siginifikan dari metode pembelajaran field trip terhadap peningkatan pemahaman entrepreneur peserta didik berbasis potensi lokal di SMA Negeri 5 Tasikmalaya hal tersebut ditunjuk dari hasil uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-test dengan diperolah nilai sig.2-tailed 0,003. (2) Terdapat pengaruh yang siginifikan dari metode pembelajaran field trip terhadap minat entrepreneur peserta didik berbasis potensi lokal di SMA Negeri 5 Tasikmalaya dengan kajian dari hasil Uji t untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperiment dengan diperolah nilai sig.2- tailed 0,003. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Field Trip, Tingkat Pemahaman, Minat Entrepreneur

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:29
Last Modified: 11 Sep 2023 02:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item View Item