WAHIDA, LINTANG RESTU (2023) PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKIBAT AKTIVITAS PASAR LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR TERHADAP KINERJA JALAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover Lintang Restu Wahida.pdf Download (56kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Lintang Restu Wahida.pdf Download (104kB) |
|
Text
3. Lembar Keaslian Lintang Restu Wahida.pdf Download (79kB) |
|
Text
4. Abstrak Lintang Restu Wahida.pdf Download (14kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar Lintang Restu Wahida.pdf Download (73kB) |
|
Text
6. Daftar isi Lintang Restu Wahida.pdf Download (44kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel Lintang Restu Wahida.pdf Download (37kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar Lintang Restu Wahida.pdf Download (9kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran Lintang Restu Wahida.pdf Download (7kB) |
|
Text
10. BAB 1 Lintang Restu Wahida.pdf Download (24kB) |
|
Text
11. BAB 2 Lintang Restu Wahida.pdf Download (296kB) |
|
Text
12. BAB 3 Lintang Restu Wahida.pdf Download (231kB) |
|
Text
13. BAB 4 Lintang Restu Wahida.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text
14. BAB 5 Lintang Restu Wahida.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka Lintang Restu Wahida.pdf Download (65kB) |
|
Text
16. Lampiran Lintang Restu Wahida.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Aktivitas pasar Leuwiliang yang ramai membuat lalu lintas di depan pasar menjadi sangat padat seperti kemacetan, penurunan kecepatan, perilaku pejalan kaki, serta hambatan samping lainnya. Hambatan samping yang berada di sepanjang jalan akan sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas di depan pasar karena jalan yang seharusnya digunakan untuk kendaraan yang lewat harus tersita akibat beberapa angkutan umum dan kendaraan yang berhenti di samping jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas jalan dan memberikan altematif pemecahan terhadap permasalahan yang ditimbulkan akibat faktor hambatan samping dengan menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Volume kendaraan tertinggi terjadi pada hari Minggu yaitu sebesar 1177,65 smp/jam, dengan kecepatan arus bebas (FV) = 38,7 km/jam. Kapasitas (C) = 1421,58 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,83 (D). Hal ini menunjukkan bahwa pada ruas jalan Leuwiliang ini arus kendaraan mendekati arus yang tidak stabil dengan volume kendaraan cukup tinggi mendekati kapasitas jalan yang ada. Untuk menurunkan derajat kejenuhan pada ruas jalan ini, dilakukan solusi untuk menghilangkan/mengurangi Kendaraan parkir atau berhenti di badan jalan (PSV). Hasil analisis alternatif solusi menyebabkan kecepatan arus bebas (FV) naik dari 38,7 km/jam menjadi 41,85 Km/jam, kapasitas (C) naik dari 1421,58 smp/jam menjadi 1520,76 Smp/jam, dan derajat kejenuhan (DS) turun dari 0,83 (D) menjadi 0,77 (D). Kata Kunci : Derajat Kejenuhan, Hambatan Samping, Volume Lalu Lintas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:50 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10912 |
Actions (login required)
View Item |