PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN SERTA MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu Al�Munawwar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Mulyati, Sri (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN SERTA MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Terpadu Al�Munawwar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover Skripsi Sri.pdf

Download (103kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (239kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
4. Abstract Sri.pdf

Download (85kB)
[img] Text
5. Abstrak Sri.pdf

Download (90kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar Sri.pdf

Download (179kB)
[img] Text
7. Daftar Isi Sri.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel Sri.pdf

Download (175kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar Sri.pdf

Download (85kB)
[img] Text
10. Daftar Grafik Sri.pdf

Download (85kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran Sri.pdf

Download (86kB)
[img] Text
12. BAB I Sri.pdf

Download (207kB)
[img] Text
13. BAB II Sri.pdf

Download (774kB)
[img] Text
14. BAB III Sri.pdf

Download (182kB)
[img] Text
15. BAB IV Sri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
16. BAB V Sri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka Sri.pdf

Download (7kB)
[img] Text
18. Lampiran Sri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kurikulum 2013 revisi memuat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII yaitu Kompetensi Dasar 3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca dan 4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Talking Stick meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Munawwar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Munawwar tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 20 orang yang terdiri atas 9 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan data pada siklus kesatu diketahui bahwa, pada aspek pengetahuan 3.7 mengenai mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 11 peserta didik (55%) telah mencapai KKM dan 9 peserta didik (45%) yang belum mencapai KKM. Pada aspek keterampilan 4.7 mengenai menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 13 peserta didik (65%) yang telah mencapai KKM dan 7 peserta didik (35%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Hasil uji statiska Wilcoxon terhadap data di atas menunjukkan bahwa Whitung = 0 < Wtabel (52). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun dan menyimpulkan unsur�unsur pembangun serta makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Munawwar tahun ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:35
Last Modified: 01 Sep 2023 07:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item