KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY DENGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

RIDWAN, SRI LESTARI (2023) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF EFFICACY DENGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (233kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
07. BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
08. BAB 2.pdf

Download (407kB)
[img] Text
09. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan self efficacy dengan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA sebanyak 7 kelas yang terdiri dari 246 peserta didik. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 53 peserta didik dari kelas XI MIPA 1 dan 2 dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal test keterampilan pemecahan masalah berbentuk uraian 15 soal, kuesioner The Schutte Self Report Emotional Intelligence (SSEIT) 33 pernyataan menggunakan skala likert, dan kuesioner self efficacy 25 pernyataan menggunakan skala dari Albert Bandura. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada korelasi yang kuat antara kecerdasan emosional dengan keterampilan pemecahan masalah dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,756 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,572, self efficacy dengan keterampilan pemecahan masalah dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,693 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,481, sedangkan untuk hubungan antara kecerdasan emosional dan self efficacy dengan keterampilan pemecahan masalah pada materi perubahan lingkungan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,00 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,783, dan nilai koefesien determinasi (R2 ) sebesar 0,613. Besar kontribusi dari kecerdasan emosional dan self efficacy terhadap keterampilan pemecahan masalah sebesar 61,30%. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Self Efficacy, Keterampilan Pemecahan Masalah, Materi Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:28
Last Modified: 29 Aug 2023 03:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item View Item