HINDAYATI, IDA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN MINAT ENTREPRENEUR PESERTA DIDIK BERBASIS POTENSI LOKAL (Studi di Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya pada Sub Materi Pelestarian dan Pemanfaatan Produk Kebudayaan Indonesia dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (90kB) |
|
Text
2 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf Download (121kB) |
|
Text
3 LEMBARAN PERYATAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
4 ABTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (189kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
|
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (133kB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (74kB) |
|
Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (221kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (560kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap tingkat pemahaman dan minat entrepreneur peserta didik di SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Pembelajaran dapat diperoleh peserta didik tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, namun di luar lingkungan sekolah peserta didik dapat menggali pengetahuan terkait materi di kelas melalui metode pembelajaran field trip. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research) dengan desain posttest only control design. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang siginifikan dari metode pembelajaran field trip terhadap peningkatan pemahaman entrepreneur peserta didik berbasis potensi lokal di SMA Negeri 5 Tasikmalaya hal tersebut ditunjuk dari hasil uji statistik parametrik yaitu uji independent sample t-test dengan diperolah nilai sig.2-tailed 0,003. (2) Terdapat pengaruh yang siginifikan dari metode pembelajaran field trip terhadap minat entrepreneur peserta didik berbasis potensi lokal di SMA Negeri 5 Tasikmalaya dengan kajian dari hasil Uji t untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperiment dengan diperolah nilai sig.2- tailed 0,003. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Field Trip, Tingkat Pemahaman, Minat Entrepreneur
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:25 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10764 |
Actions (login required)
View Item |