STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE EXPOSURES IN AN INDONESIAN SECONDARY SCHOOL: FOCUSING ON INTROVERTS AND EXTROVERTS

MUHARAM, ARIEL GILANG (2023) STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE EXPOSURES IN AN INDONESIAN SECONDARY SCHOOL: FOCUSING ON INTROVERTS AND EXTROVERTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (193kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ARIEL GILANG MUHARAM, 2023. “STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE EXPOSURES IN AN INDONESIAN SECONDARY SCHOOL: FOCUSING ON INTROVERTS AND EXTROVERTS”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Paparan bahasa dapat didefinisikan sebagai kontak yang dimiliki pelajar dengan target bahasa; pemerolehan bahasa melalui masukan pengetahuan yang diterima dari sumber paparan yang dipahami peserta didik untuk kemudian diproduksi menjadi hasil yang bermakna. Sumber paparan bahasa berasal dari beberapa sumber seperti membaca, menonton film, mendengarkan musik, dan penggunaan media sosial (De Wilde et al., 2020). Penelitian ini berfokus pada pemaparan bahasa diluar sekolah yang didemonstrasikan oleh siswa sekolah menengah pertama berkepribadian introvert dan extrovert dalam penguasaan bahasa mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Peserta terdiri dari dua siswa sekolah menengah pertama, satu introvert dan satu extrovert dari salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur. Analisis tematik (Braun & Clarke, 2006) digunakan dalam menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa pemaparan bahasa yang didemonstrasikan oleh peserta dapat dibagi menjadi dua, yaitu input/receiving dan output/producing yang disertai self regulation untuk mengatur dan mengevaluasi proses pembelajaran bahasa mereka. Kata kunci: Paparan bahasa, penguasaan bahasa, pelajar sekolah menengah pertama, introvert, extrovert

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:16
Last Modified: 28 Aug 2023 01:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item