PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey pada Peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Manonjaya)

Hilalludin, Teja (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey pada Peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER FIX.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4. ABSTRAK 2.pdf

Download (115kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR TEJA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10. bab I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
11 bab II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (737kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar dan dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar, (2) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar, (3) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar, (4) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar secara tidak langsung melalui variabel kedisiplinan belajar. Metode penelitian ini adalah survey dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian eksplanatory. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu perhatian orang tua (X), variabel intervening yaitu kedisiplinan belajar (Z) dan variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan populasi penelitian seluruh peserta didik Kelas XI SMAN 1 Manonjaya yang berjumlah 328 peserta didik, sampel yang diambil sebanyak 180 peserta didik. Metode pengumpulan data yang utama digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan analisis jalur atau sering disebut juga dengan Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar sebesar 21,8%, kedisiplinan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar besarnya pengaruh yang diberikan sebesar 21,9%. Tidak ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar melalui kedisiplinan belajar, ditunjukan oleh pengaruh langsung sebesar 0,363 dan pengaruh tidak langsung 0,219 artinya pengaruh langsung lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung melalui kedisiplinan belajar. Kata Kunci: Peratian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:43
Last Modified: 20 Sep 2019 03:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item