RAIHAN, ADINDA AULIA (2023) PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA PELATIHAN BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (254kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (81kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (332kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (225kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (345kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (528kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (354kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Adinda Aulia Raihan. 2023. PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA PELATIHAN BAHASA JEPANG Studi di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Sending Organization (SO) Embun Kota Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya. Proses pembelajaran pada masa kini bukan lagi hanya sebatas transmisi pengetahuan yang dimana memposisikan manusia sebagai pembelajar yang pasif yang akan menyebabkan stagnasi keilmuan. Sehingga diperlukan proses pembelajaran yang mendorong warga belajar untuk aktif selama kegiatan belajar ditambah apabila warga belajar merupakan orang dewasa yang memiliki tujuan untuk melakukan kegiatan belajar. Oleh karena itu kegiatan belajar yang tepat dilakukan sesuai dengan karakteristik orang dewasa adalah pembelajaran partisipatif. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran partisipatif pada Pelatihan Bahasa Jepang di LPK-SO Embun Kota Tasikmalaya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pendekatan andragogi dalam pembelajaran pelatihan Bahasa Jepang di LPK-SO Embun melalui pembelajaran partisipatif yaitu: 1) Perencanaan. Perencanaan partisipatif belum dilaksanakan sepenuhnya karena dalam persiapan perencanaan materi warga belajar hanya mengikuti saja; 2) Pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran partisipatif di LPK-SO Embun yaitu menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan kegiatan belajar yang cenderung berpusat pada warga belajar (student centered) telah dilaksanakan; 3) Penilaian. Dalam hal ini warga belajar dapat mengetahui sejauh mana pemahaman dan perubahan yang telah dirasakan. Kata Kunci: Pembelajaran Partisipatif, Pelatihan, Bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 00:59 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 00:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10706 |
Actions (login required)
View Item |