PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

ANGGRAENI, DEWI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (77kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (121kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (55kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (61kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (451kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (294kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, angket respon pengguna dan soal tes kemampuan literasi matematis. Data penelitian ini bersumber dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 orang guru matematika, 8 orang peserta didik kelas VIII diluar kelas VIII-A dan 32 orang peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap analisis peneliti melakukan analisis kebutuhan materi dan media. Pada tahap desain peneliti mengumpulkan data, membuat flowchart dan storyboard, merancang instrumen tes kemampuan literasi matematis, lembar validasi untuk ahli materi dan media serta angket respon pengguna. Pada tahap pengembangan peneliti menghasilkan produk berupa aplikasi Android dengan nama ABEKUBA (Aplikasi Belajar Kubus dan Balok) yang telah dinyatakan “valid” dan “sangat layak digunakan” oleh ahli materi dan media serta telah dilakukan uji coba kepada 3 orang guru matematika dan 8 orang peserta didik di luar kelas VIII-A hingga memperoleh respon dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implementasi, produk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik kelas VIII-A hingga memperoleh respon dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap evaluasi, diperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi matematis peserta didik pada saat posttest lebih besar daripada saat pretest dengan hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh kategori “strong effect”. Sebanyak 100% peserta didik memenuhi indikator mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan, 88% peserta didik memenuhi indikator menerjemahkan permasalahan ke dalam bahasa matematika dalam bentuk representasi, 81% peserta didik memenuhi indikator merancang strategi untuk menemukan solusi matematika, 94% peserta didik memenuhi indikator menggunakan konsep matematika selama proses menemukan solusi, 75% peserta didik memenuhi indikator melakukan penalaran kembali untuk menentukan hasil yang didapat masuk akal dalam konteks masalah dan 94% peserta didik memenuhi indikator mengkomunikasikan penjelasan dan argumen dari hasil yang diperoleh sesuai dengan konteks masalah. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 efektif terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Kata kunci: media pembelajaran interaktif berbasis android, Articulate Storyline 3, kemampuan literasi matematis.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:42
Last Modified: 21 Aug 2023 05:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item View Item