ANGGRAENI, DEWI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (406kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (77kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (121kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (55kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (61kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (145kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (451kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (294kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, angket respon pengguna dan soal tes kemampuan literasi matematis. Data penelitian ini bersumber dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 orang guru matematika, 8 orang peserta didik kelas VIII diluar kelas VIII-A dan 32 orang peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap analisis peneliti melakukan analisis kebutuhan materi dan media. Pada tahap desain peneliti mengumpulkan data, membuat flowchart dan storyboard, merancang instrumen tes kemampuan literasi matematis, lembar validasi untuk ahli materi dan media serta angket respon pengguna. Pada tahap pengembangan peneliti menghasilkan produk berupa aplikasi Android dengan nama ABEKUBA (Aplikasi Belajar Kubus dan Balok) yang telah dinyatakan “valid” dan “sangat layak digunakan” oleh ahli materi dan media serta telah dilakukan uji coba kepada 3 orang guru matematika dan 8 orang peserta didik di luar kelas VIII-A hingga memperoleh respon dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implementasi, produk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik kelas VIII-A hingga memperoleh respon dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap evaluasi, diperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi matematis peserta didik pada saat posttest lebih besar daripada saat pretest dengan hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh kategori “strong effect”. Sebanyak 100% peserta didik memenuhi indikator mengidentifikasi aspek-aspek matematika dalam permasalahan, 88% peserta didik memenuhi indikator menerjemahkan permasalahan ke dalam bahasa matematika dalam bentuk representasi, 81% peserta didik memenuhi indikator merancang strategi untuk menemukan solusi matematika, 94% peserta didik memenuhi indikator menggunakan konsep matematika selama proses menemukan solusi, 75% peserta didik memenuhi indikator melakukan penalaran kembali untuk menentukan hasil yang didapat masuk akal dalam konteks masalah dan 94% peserta didik memenuhi indikator mengkomunikasikan penjelasan dan argumen dari hasil yang diperoleh sesuai dengan konteks masalah. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 efektif terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Kata kunci: media pembelajaran interaktif berbasis android, Articulate Storyline 3, kemampuan literasi matematis.
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 05:42 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 05:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10669 |
Actions (login required)
View Item |