I’liyin, Yeyen Janatul (2023) PENGARUH E-MODUL GEOGRAFI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN ENVIROMENTAL LITERACY DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi di Kelas XI IPS MAN 2 Tasikmalaya pada Sub Materi Permasalahan Dinamika Kependudukan). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (74kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan dan pernyataan.pdf Download (563kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text
4. KP DAN UP.pdf Download (132kB) |
|
Text
5.DAFTAR ISI-TABEL-GAMBAR.pdf Download (194kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (210kB) |
|
Text
8. BAB 3.pdf Download (375kB) |
|
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
11.daftar pustaka.pdf Download (86kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Degradasi lingkungan yang terjadi baik tingkat lokal maupun global membuat pentingnya peningkatan enviromental literacy pada siswa. Meningkatkan enviromental literacy pada siswa dapat diwujudkan melalui pembelajaran pelajaran geografi dengan bahan ajar yang sesuai salah satunya e-modul geografi berbasis lingkungan yang juga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-modul Geografi berbasis lingkungan terhadap peningkatan enviromental literacy, pengaruh e-modul Geografi terhadap hasil belajar kognitif siswa, dan pengaruh e-modul geografi berbasis lingkungan terhadap enviromental literacy dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 dan 4 yang berjumlah 56 orang dengan populasi siswa kelas XI MAN 2 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dokumentasi dan studi literatur. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman tes, dan pedoman angket. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh e-modul geografi berbasis lingkungan terhadap tingkat enviromental literacy yang ditunjukan dengan N-Gain 0,79. 2) Terdapat pengaruh e-modul geografi berbasis lingkungan terhadap tingkat hasil belajar kognitif siswa ditunjukan dengan nilai signifikan 0,001 dan, 3) Terdapat pengaruh e-modul geografi berbasisi lingkungan terhadap enviromental literacy dan hasil belajar kognitif siswa setelah uji manova. E-modul geografi meningkatkan enviromental literacy dan hasil belajar kognitif siswa MAN 2 Tasikmalaya. Kata Kunci: E-Modul Geografi Berbasis Lingkungan, Enviromental Literacy,Hasil Belajar Kognitif
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10644 |
Actions (login required)
View Item |