PENGARUH GEOGRAPHY FOR KIDS (LOKASI, JARAK DAN KETERJANGKAUAN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kelas V SDN 2 Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

RAHMAH, IRMA RIZQI NUR (2023) PENGARUH GEOGRAPHY FOR KIDS (LOKASI, JARAK DAN KETERJANGKAUAN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kelas V SDN 2 Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (291kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (696kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Studi Pendidikan Geografi. Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Bangunsari, yang didasari permasalahan bahwa siswa berawal dari rendahnya keterampilan geografis yang sederhana di kalangan siswa sekolah dasar salah satu penyebabnya adalah geografi tidak di ajarkan secara satu mata pelajaran utuh karena geografi termasuk pada rumpun pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Geography for Kids terhadap meningkatkatan kerampilan geografis peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain quasi eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Alat penelitian data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Variabel bebasnya adalah Geography for Kids yang terbagi atas indikator Lokasi, Jarak, Keterjangkauan sedangkan variable terikatnya adalah Keterampilan Geografis. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa Geography for Kids berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan geografis secara positif dan signifikan. Semua indikator keterampilan geografis mengalami peningkatan. Indokator lokasi menempati ranking paling tinggi. Indikator yang paling rendah adalah indikator keterjangkauan. Kata kunci: Geography for Kids, Keterampilan Geografis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:34
Last Modified: 18 Aug 2023 03:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10641

Actions (login required)

View Item View Item