RAHMAH, IRMA RIZQI NUR (2023) PENGARUH GEOGRAPHY FOR KIDS (LOKASI, JARAK DAN KETERJANGKAUAN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kelas V SDN 2 Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (23kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (88kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (291kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (295kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (538kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (696kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Program Studi Pendidikan Geografi. Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Bangunsari, yang didasari permasalahan bahwa siswa berawal dari rendahnya keterampilan geografis yang sederhana di kalangan siswa sekolah dasar salah satu penyebabnya adalah geografi tidak di ajarkan secara satu mata pelajaran utuh karena geografi termasuk pada rumpun pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Geography for Kids terhadap meningkatkatan kerampilan geografis peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain quasi eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Alat penelitian data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Variabel bebasnya adalah Geography for Kids yang terbagi atas indikator Lokasi, Jarak, Keterjangkauan sedangkan variable terikatnya adalah Keterampilan Geografis. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa Geography for Kids berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan geografis secara positif dan signifikan. Semua indikator keterampilan geografis mengalami peningkatan. Indokator lokasi menempati ranking paling tinggi. Indikator yang paling rendah adalah indikator keterjangkauan. Kata kunci: Geography for Kids, Keterampilan Geografis
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10641 |
Actions (login required)
View Item |