UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Maulid, Jamjam Jamaatul (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (549kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (434kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP adalah mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi. Kedua kompetensi dasar tersebut telah dipelajari oleh peserta didik namun hasil yang diperoleh ternyata masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Berdasarkan data yang telah diperoleh diketahui bahwa pada siklus I pembelajaran mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi terdapat 11 orang peserta didik (36%) yang belum mencapai KKM dan 20 orang peserta didik (64%) yang telah mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta didik (100%) telah berhasil mencapai KKM. Dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi siklus I terdapat 16 orang peserta didik (52%) yang belum mencapai KKM, dan 15 orang peserta didik (48%) yang telah mencapai KKM, pada siklus II 2 orang peserta didik (6%) yang belum mencapai KKM, sedangkan 29 orang peserta didik (94%) yang telah mencapai KKM. Ketidakmampuan peserta didik disebabkan oleh permasalahan internal yang menyebabkan peserta didik tidak belajar di sekolah tersebut lagi sehingga tidak dapat dilaksanakan siklus III. Hasil uji wilcoxon pada pembelajaran mengidentifikasi informasi siklus kesatu dan siklus kedua yaitu W hitung terhadap taraf signifikansi = 0,000 < 0,05. hasil uji wilcoxon pada pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi siklus kesatu dan siklus kedua yaitu W hitung terhadap taraf signifikansi = 0,000 < 0,05.Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:50
Last Modified: 16 Aug 2023 03:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10620

Actions (login required)

View Item View Item