Maulid, Jamjam Jamaatul (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (281kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (549kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (434kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (201kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP adalah mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi. Kedua kompetensi dasar tersebut telah dipelajari oleh peserta didik namun hasil yang diperoleh ternyata masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Berdasarkan data yang telah diperoleh diketahui bahwa pada siklus I pembelajaran mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi terdapat 11 orang peserta didik (36%) yang belum mencapai KKM dan 20 orang peserta didik (64%) yang telah mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta didik (100%) telah berhasil mencapai KKM. Dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi siklus I terdapat 16 orang peserta didik (52%) yang belum mencapai KKM, dan 15 orang peserta didik (48%) yang telah mencapai KKM, pada siklus II 2 orang peserta didik (6%) yang belum mencapai KKM, sedangkan 29 orang peserta didik (94%) yang telah mencapai KKM. Ketidakmampuan peserta didik disebabkan oleh permasalahan internal yang menyebabkan peserta didik tidak belajar di sekolah tersebut lagi sehingga tidak dapat dilaksanakan siklus III. Hasil uji wilcoxon pada pembelajaran mengidentifikasi informasi siklus kesatu dan siklus kedua yaitu W hitung terhadap taraf signifikansi = 0,000 < 0,05. hasil uji wilcoxon pada pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi siklus kesatu dan siklus kedua yaitu W hitung terhadap taraf signifikansi = 0,000 < 0,05.Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 03:50 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 03:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10620 |
Actions (login required)
View Item |