FATIMAH, DWINI (2022) HUBUNGAN ANTARA TECHNOLOGY INTEGRATION SELF EFFICACY (TISE) DENGAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU EKONOMI (Survei pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN TTD PENGUJI.pdf Download (686kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (331kB) |
|
Text
4. ASBTRAK.pdf Download (379kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (415kB) |
|
Text
6, BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (408kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (784kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki oleh calon guru dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat TISE dan TPACK serta untuk mengetahui hubungan antara TISE dan TPACK calon guru ekonomi Universitas Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 yang berjumlah 111 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini melakukan uji hipotesis yaitu uji korelasi rank spearman untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah skor dari seluruh jawaban responden mengenai Technology Integration Self�Efficacy (TISE) diperoleh 9.469 dan termasuk pada interval 7.928,4 – 9.793,2 dan berada pada kategori tinggi sebesar 79,67%. Kemudian jumlah skor dari seluruh jawaban responden mengenai Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) diperoleh 11.448 dan termasuk pada interval 10.192,8 – 12.590,4 dan berada pada kategori tinggi sebesar 81,53%. Nilai signifikansi yang diperoleh pada uji korelasi rank spearman adalah 0,000 <0,05 dan hasil uji korelasi rank spearman sebesar 0,507 termasuk pada rentang kekuatan atau korelasi cukup, serta hubungannya searah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar calon guru ekonomi memiliki tingkat TISE dan TPACK yang tinggi dan terdapat hubungan yang positif antara Technology Integration Self Efficacy (TISE) dengan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Ekonomi Universitas Siliwangi. Kata Kunci: Technology Integration Self Efficacy, Technological Pedagogical Content Knowledge, Calon Guru Ekonomi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:44 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10570 |
Actions (login required)
View Item |