CHAIRUNNISA, AYU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI SUDUT RANGKAP BERBANTUAN SMART APPS CREATOR 3 TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (31kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (92kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (124kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (187kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (912kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (231kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran trigonometri sudut rangkap berbantuan smart apps creator 3 terhadap kemampuan pemahaman konsep dan respons peserta didik serta hasil kemampuan pemahaman konsep terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu metode Research& Development (R&D) dengan model Assesment/Analysis, Design, Development,Implementation, and Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep trigonometri pada materi sudut rangkap. Data penelitian ini diperoleh dari dua ahli materi, dua ahli media, dan peserta didik kelas XI MAN 3 Tasikmalaya. Proses pengembangan pada tahap analisis, peserta didik membutuhkan aplikasi media pembelajaran untuk membantu pemahaman konsep pada materi trigonometri sudut rangkap. Tahap desain, menghasilkan rancangan aplikasi media pembelajaran dan rancangan instrumen penelitian. Tahap pengembangan menghasilkan media pembelajaran yang dinilai oleh ahli dan melalui revisi perbaikan sesuai saran dan masukan. Tahap implementasi terdiri uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Evaluasi, umpan balik Lembar Respons peserta didik dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil validasi kualitas tujuan dan isi oleh ahli materi, dan kualitas teknis oleh ahli media menunjukkan kriteria sangat layak. Respons peserta didik setelah implementasi media pembelajaran kepada peserta didik kriteria baik. Dalam hasil lembar penilaian kemampuan pemahaman konsep peserta didik menunjukan Indikator Keberhasilan (IK) pada KKM sebebesar 100% sehingga dapat dikatakan sangat baik dan efektif digunakan sebai media pembelajaran alternatif untuk proses pembelajaran. . Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, smart apps creator 3, pemahaman konsep, ADDIE, trigonometri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 06:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10551 |
Actions (login required)
View Item |