ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

UTAMI, ALLIZA KURNIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (33kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN .pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH .pdf

Download (8kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (116kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (25kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (241kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (97kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kecerdasan spasial pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif, angket kecerdasan spasial, dan wawancara. Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kecerdasan spasial. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dari kelas VIII-B di SMP Negeri 11 Tasikmalaya yaitu satu orang dari masing�masing kategori kecerdasan spasial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Subjek dengan kecerdasan spasial tinggi (S-3) mampu memenuhi indikator kelancaran, mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan empat bangun yang benar dan tanpa mengalami kesulitan, mampu memenuhi indikator keaslian dengan menemukan dua penyelesaian dengan caranya sendiri, mampu memenuhi indikator elaborasi dengan dapat memerinci jawaban dengan detail. Subjek dengan kecerdasan spasial sedang (S-22) mampu memenuhi indikator kelancaran, mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan dua bangun yang benar, mampu memenuhi indikator keaslian dengan menemukan satu penyelesaian dengan caranya sendiri, mampu memenuhi indikator elaborasi dengan dapat memerinci jawaban dengan detail. Subjek dengan kecerdasan spasial rendah (S-11) mampu memenuhi semua indikator kelancaran, mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan satu penyelesaian yang benar, mampu memenuhi indikator keaslian dengan menemukan satu penyelesaian dengan caranya sendiri meskipun terdapat kesalahan dalam perhitungannya, serta mampu memenuhi indikator elaborasi dengan memerinci jawaban secara detail. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kecerdasan Spasial, Bangun Ruang Sisi Datar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:09
Last Modified: 14 Aug 2023 00:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

View Item View Item