UTAMI, ALLIZA KURNIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (14kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (33kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN .pdf Download (88kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH .pdf Download (8kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (5kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR .pdf Download (116kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (30kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (25kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (27kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (82kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (241kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (97kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kecerdasan spasial pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif, angket kecerdasan spasial, dan wawancara. Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kecerdasan spasial. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dari kelas VIII-B di SMP Negeri 11 Tasikmalaya yaitu satu orang dari masing�masing kategori kecerdasan spasial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Subjek dengan kecerdasan spasial tinggi (S-3) mampu memenuhi indikator kelancaran, mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan empat bangun yang benar dan tanpa mengalami kesulitan, mampu memenuhi indikator keaslian dengan menemukan dua penyelesaian dengan caranya sendiri, mampu memenuhi indikator elaborasi dengan dapat memerinci jawaban dengan detail. Subjek dengan kecerdasan spasial sedang (S-22) mampu memenuhi indikator kelancaran, mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan dua bangun yang benar, mampu memenuhi indikator keaslian dengan menemukan satu penyelesaian dengan caranya sendiri, mampu memenuhi indikator elaborasi dengan dapat memerinci jawaban dengan detail. Subjek dengan kecerdasan spasial rendah (S-11) mampu memenuhi semua indikator kelancaran, mampu memenuhi indikator kelenturan dengan menemukan satu penyelesaian yang benar, mampu memenuhi indikator keaslian dengan menemukan satu penyelesaian dengan caranya sendiri meskipun terdapat kesalahan dalam perhitungannya, serta mampu memenuhi indikator elaborasi dengan memerinci jawaban secara detail. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kecerdasan Spasial, Bangun Ruang Sisi Datar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 00:09 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 00:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10522 |
Actions (login required)
View Item |