PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS MOBILE GAMES TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Rifatunnisa, Mia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS MOBILE GAMES TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN FABEL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (53kB)
[img] Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (65kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mengacu pada silabus Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, salah satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai peserta didik yaitu menelaah sebuah teks. Kompetensi tersebut yaitu KD 3.12 menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis Mobile Games terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan fabel yang dibaca pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini juga diharapkan dapat menemukan model pembelajaran yang cocok digunakan pada pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didik namun tetap menyenangkan dan berbasis teknologi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sungguhan dengan proses mengontrol variabel-variabel yang terdapat di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII D yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E yang berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian penulis mendapatkan data angka yang kemudian diolah menggunakan perhitungan statistik, diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 62,5 dan nilai rata-rata posttest eksperiemn sebesar 85,5, dengan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 62,2 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 80,4. Hasil uji beda dengan n-gain rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 62% dibanding dengan nilai n-gain rata-rata pretest dan posttest yang didapat oleh kelompok kelas kontrol yaitu 49% dengan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 13%. Hasil uji beda nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol dengan menggunakan Wilcoxon diketahui bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:06
Last Modified: 11 Aug 2023 06:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item