PUSPITASARI, SRI ANISA (2023) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (646kB) |
|
Text
3_SUKET REVISI.pdf Download (457kB) |
|
Text
4_PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (39kB) |
|
Text
5_ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
|
Text
6_KATA PENGANTAR.pdf Download (51kB) |
|
Text
7_DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) |
|
Text
8_BAB 1.pdf Download (154kB) |
|
Text
9_BAB 2.pdf Download (588kB) |
|
Text
10_BAB 3.pdf Download (308kB) |
|
Text
11_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
12_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
13_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text
14_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecemasan matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model learning cycle 7E berbantuan wordwall dan pengaruh penggunaan model learning cycle 7E berbantuan wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecemasan matematika peserta didik. Metode peneilitan eksperimen dengan desain penelitian posttest-only kontrol group design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Sukaraja. Sampel penelitian kelas VII G (eksperimen) dan VII J (kontrol). Teknik sampel random assignment. Instrumen yang digunakan tes uraian dan angket. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecemasan matematika peserta didik menggunakan Microsoft Excel 2016. Uji normalitas Shapiro Wilk, uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U (pihak kanan dan pihak kiri). Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model learning cycle 7E berbantuan wordwall sebanyak 14 (46,67%) peserta didik pada kategori tinggi, 7 (23,33%) peserta didik pada kategori sedang dan 9 (30%) peserta didik pada kategori rendah, rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 18,30 (61%) yaitu pada kategori sedang. Kecemasan matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model learning cycle 7E dengan berbantuan wordwall, sebanyak 4 (13,33%) peserta didik pada kategori tinggi, 21 (70%) peserta didik pada kategori sedang dan 5 (16,67%) peserta didik pada kategori rendah, rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 58,39 (66,35%) yaitu pada kategori sedang, serta terdapat pengaruh penggunaan model learning cycle 7E berbantuan wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecemasan matematika peserta didik. Kata kunci: Model learning cycle 7E, Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kecemasan Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 01:58 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10514 |
Actions (login required)
View Item |