HUBUNGAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PASIEN, DAN KEPERCAYAAN DENGAN LOYALITAS PASIEN (Studi Pada Pasien Antenatal Care di UPTD Puskesmas Rajapolah)

NURMALA, SELVI (2023) HUBUNGAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PASIEN, DAN KEPERCAYAAN DENGAN LOYALITAS PASIEN (Studi Pada Pasien Antenatal Care di UPTD Puskesmas Rajapolah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0. COVER.pdf

Download (160kB)
[img] Text
1. Lembar Pengesahan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. Halaman Persetujuan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
5. Halaman Persembahan dan Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (44kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
7. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Singkatan.pdf

Download (119kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (368kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
14. Dapus.pdf

Download (187kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan KIA merupakan bagian penting dari pelayanan puskesmas. Kunjungan antenatal care di Puskesmas Rajapolah pada tahun 2022 dari 1.012 ibu, hanya 30,14% yang melakukan kunjungan ulang dan ibu yang bersalin di Puskesmas Rajapolah hanya 118 ibu. Hal tersebut menggambarkan kurangnya loyalitas pasien antenatal care terhadap puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan persepsi kualitas pelayanan KIA, kepuasan pasien, dan kepercayaan dengan loyalitas pasien antenatal care. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu bersalin yang melakukan antenatal care di Puskesmas Rajapolah. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner kepada 94 ibu yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis data terdiri dari analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Variabel bebas terdiri persepsi kualitas pelayanan KIA, kepuasan pasien, dan kepercayaan sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas pasien antenatal care. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan persepsi kualitas pelayanan KIA (p<0,001) dan kepuasan pasien (p=0,001) dengan loyalitas pasien antenatal care. Sedangkan variabel kepercayaan (p=0,057) tidak berhubungan dengan loyalitas pasien antenatal care. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi kualitas pelayanan KIA dan kepuasan pasien dengan loyalitas pasien antenatal care. Diharapkan puskesmas dapat menambah jadwal pelayanan antenatal, melakukan pembinaan peningkatan empati petugas, dan melakukan perbaikan alur pelayanan KIA. Kata Kunci : Loyalitas Pasien Antenatal Care, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Kepercayaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10499

Actions (login required)

View Item View Item