Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Tipe Market Place Activity berbantu Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dalam Materi Pokok Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme Di Kelas XI IPS 3 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022-2023

Ibrahim, Choerunisa Nabilah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Tipe Market Place Activity berbantu Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dalam Materi Pokok Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme Di Kelas XI IPS 3 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022-2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
03 Surat Pernyataan.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Lembar Dipertahankan penguji.pdf

Download (149kB)
[img] Text
04 Abstrak, Abstrack.docx.pdf

Download (93kB)
[img] Text
05 Kata Pengantar.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Ucapan Terimakasih.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Halaman Pribadi.docx.pdf

Download (77kB)
[img] Text
06 Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (231kB)
[img] Text
07 Bab I Pendahuluan.pdf

Download (172kB)
[img] Text
08 Bab II Tinjauan Teoritis.docx.pdf

Download (246kB)
[img] Text
09 Bab III Prosedur Penelitian.pdf

Download (401kB)
[img] Text
10 Bab IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
11 Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
12 Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
13 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Tipe Market Place Activity berbantu Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dalam Materi Pokok Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme Di Kelas XI IPS 3 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022-2023. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pada saat peneliti melaksanakan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran sejarah peminatan di kelas XI IPS 3 SMAN 5 Tasikmalaya masih terdapat peserta didik yang kurang dalam kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar peserta didik menggunakan jenis soal essai dengan 14 butir soal. Teknik analisis data dibantu dengan program IBM Statistic 25. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, uji daya pembeda, uji normalitas, uji hipotesis dan pengolahan NGain. Hasil penelitian ini merupakan adanya pengaruh kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Market Place Activity dan dan peserta didik yang menggunakan model STAD. Berdasarkan hasil perhitungan uji t paired sample mendapatkan Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning tipe market place activity berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Berpikir kreatif, Mind Mapping, Model Pembelajaran Market Place Activity, Model Pembelajaran Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item View Item