EXPLORING STUDENTS’ EXPERIENCE OF PEER ASSESSMENT IN ORAL PRESENTATION: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES

HIDAYAH, FANIA AFRIANTI (2023) EXPLORING STUDENTS’ EXPERIENCE OF PEER ASSESSMENT IN ORAL PRESENTATION: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (412kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahaan.pdf

Download (480kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (312kB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (424kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (458kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
08 Daftar Table.pdf

Download (290kB)
[img] Text
09 Daftar Lampiran.pdf

Download (291kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (383kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (368kB)
[img] Text
16 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penilaian sejawat dalam presentasi oral merupakan salah satu metode penilian presentasi dalam prosess kegiatan ngajar mengajar, penilaian ini dilakukan oleh siswa kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman siswa dalam penggunaan penilaian sejawat yang dilakukan di presentasi oral. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas yang ada di negara Indonesia. Tiga orang mahasiswa dilibatkan untuk menjadi partisipan penelitian. Penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur online melalui WhatsApp kepada semua partisipan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik. Hasil analisis mengungkapkan dua tema yang muncul yaitu tentang peluang yang bisa diambil oleh siswa diantaranya siswa mendapatkan ulasan balik, membantu siswa untuk memahami materi, siswa dapat belajar dengan jujur, siswa dapat belajar secara kolaboratif, dan membangun penilaian yang adil. Tema kedua yaitu tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam menggunakan peer assessment, diantaranya yaitu siswa merasa bingung dalam menilai temannya, siswa merasa takut dalam memberikan nilai kepada teman, dan juga penilaian sejawat dalam presentasi oral menuntut siswa terlibat secara aktif Salam pembelajaran dan penilaian. Kata Kunci: Penilaian sejawat, Oral presentasi, Tantangan penilaian sejawat, Manfaat penilaian sejawa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:08
Last Modified: 10 Aug 2023 04:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item