AZIZAH, LISA NURUL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KETERAMPILAN BEPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik SMAN 10 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2 Lembar Pengesahan Lisa.pdf Download (321kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (78kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (81kB) |
|
Text
7. MOTTO.pdf Download (71kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (93kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (398kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (328kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik dan kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga peserta didik hanya berpacu pada satu titik pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Read, Answer, Disscus, Explanation and Create (RADEC) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read, Answer, Disscus, Explanation and Create (RADEC) terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi gelombang mekanik di SMAN 10 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian control group design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas 11 MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 11 MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan rincian masing-masing 34 peserta didik. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat di ukur dengan melakukan tes sebelum perlakuan (Pretest) dan tes setelah perlakuan (Postest) berbentuk esay yang berjumlah 8 soal pada materi gelombang mekanik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:08 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10491 |
Actions (login required)
View Item |