PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen di Kelas XI MAS Muhammadiyah Al-Furqon Tahun Ajaran 2021/2022)

Fauziyah, Fatimah Aisyatul (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN (PDEODE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen di Kelas XI MAS Muhammadiyah Al-Furqon Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (127kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (139kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (70kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (208kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (689kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran PDEODE adalah salah satu model pembelajaran kolaoratif yang selalu mengaitkan materi pembelajaran dengan masalah kontekstual atau masalah dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran kolaboratif tipe PDEODE memfasilitasi peserta didik untuk memahami peristiwa yang terjadi sehari-hari atau membantu peserta didik untuk menerima pemahaman konsep yang lebih baik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem pernapasan di Kelas XI MAS Muhammadiyah Al-Furqon Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai dengan Oktober 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAS Muhammadiyah Al-Furqon tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI B sebagai kelas eksperimen dan kelas XI A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes KPS berbentuk essay sebanyak 12 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan sebesar (α) = 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict-Discuss�Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) pada konsep sistem pernapasan terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIPA MAS Muhammadiyah Al-Furqon tahun ajaran 2021/2022. Kata kunci: PDEODE, keterampilan proses sains, sistem pernapasan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:08
Last Modified: 10 Aug 2023 04:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item