Marlina, Yeni (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover yeni.pdf Download (211kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
03 SURAT PERNYATAAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
04 ABSTRACT.pdf Download (188kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (304kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (187kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (188kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (441kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (605kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (386kB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (488kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas XI IPS 5 di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Objek penelitian siswa kelas XI dan subjeknya kelas XI IPS 5 SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 siswa terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar servis atas permainan bola voli pada siswa kelas XI IPS 5 Kota Tasikmalaya pada siklus ke I sebesar 73,61 yang terbagi pada dua aspek penilaian yaitu aspek Kognitif dengan nilai 70,77 dan pada penilaian aspek Psikomotor sebesar 74. Berlanjut pada siklus ke II dengan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang lebih baik dengan perolehan nilai secara keseluruhan sebesar 78.43 yang terbagi menjadi dua aspek penilaian yaitu aspek kognitif dengan nilai 77,44 dan penilaian pada aspek psikomotor dengan nilai 79,41, dengan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 31 peserta didik atau setara dengan 86,1% dalam pencapaian proses pembelajaran pendidikan jasmani materi servis atas di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Belajar, Cooperative Learning, Jigsaw, servis atas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:12 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10482 |
Actions (login required)
View Item |