PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENYAJIKAN TEKS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Dwicahya, Friady (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENYAJIKAN TEKS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
8. BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf

Download (261kB)
[img] Text
9. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Kompetensi Dasar yang harus dicapai peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya yaitu KD 3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan 4.8 Menyajikan puisi dalam bentuk teks dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Namun terdapat suatu masalah yaitu peserta didik banyak yang beranggapan bahwa materi teks puisi sangat kompleks, sehingga memengaruhi terhadap minat dan motivasi, serta hasil pembelajaran peserta didik. Dalam mengatasi permasalahan ini, penulis melaksanakan eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur pembangun puisi serta menyajikan puisi. Penelitian dilaksanakan menggunakan dua kelompok sampel yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intructions. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII G dan VIII H SMP Negeri 14 Tasikmalaya, pada tanggal 22 sampai 23 Februari 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran Jigsaw di kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain pretest dengan posttest pada KD pengetahuan kelas eksperimen adalah 80% berkategori efektif, sedangkan kelas kontrol adalah 56% berkategori cukup efektif dan rata-rata N�Gain pretest dengan posttest KD keterampilan di kelas eksperimen adalah 77% berkategori tinggi, sedangkan kelas kontrol adalah 60% berkategori efektif. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 menunjukan nilai Asymp.Sig(2-tailed) 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut membuktikan hipotesis dapat diterima yang artinya model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan puisi dalam bentuk teks pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:47
Last Modified: 10 Aug 2023 02:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item View Item