JASMINE, ANDREA ALIFIA (2023) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Tahun 2019 Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (224kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (126kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (158kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (291kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (249kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (262kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (347kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (347kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (345kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (345kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
FoMO (Fear of Missing Out) adalah perasaan cemas atau khawatir bahwa seseorang akan melewatkan sesuatu yang menarik atau penting yang sedang terjadi di kelompok lain. FoMO sering kali dipicu oleh melihat aktivitas atau peristiwa lain di media sosial, dan ini bisa mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk prestasi belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari fear of missing out terhadap prestasi belajar pada Mahasiswa Pendidikan Masyarakat tahun 2019 Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kasual. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis deskriptif FoMO dan prestasi belajar menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Masyarakat 2019 mayoritas memiliki tingkat FoMO pada kategori sedang dan mayoritas nilai prestasi belajar berkategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis nilai Signifikansi sebesar 0,375 > dari 0,05 hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara FoMO terhadap prestasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Pendidikan Masyarakat memiliki kontrol diri yang seimbang antara dunia maya dan dunia nyata. Mereka dapat mengatur waktu dengan bijak sehingga tidak mengganggu kualitas diri dan kinerja akademis. Yang berarti bahwa semakin tinggi nilai prestasi belajar maka semakin rendah tingkat fear of missing out pada suatu individu. Kata Kunci: Fear of Missing Out, Prestasi belajar, Media Sosial, Remaja Millennial
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10468 |
Actions (login required)
View Item |