FAUJIAH, WANDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUESTION-ANSWER CARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA (Quasi-Experimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pendekatan dan Strategi Pergerakan Nasional Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (289kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (216kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (270kB) |
|
Text
4. lembar penguji.pdf Download (450kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (596kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (458kB) |
|
Text
7. MOTTO.pdf Download (277kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (476kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (742kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (853kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (525kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Hal tersebut terbukti dengan tidak terpenuhinya indikator keaktifan yaitu kurangnya keterlibatan siswa, kurangnya interaksi belajar siswa, serta kurangnya proses pemecahan masalah pada siswa. Permasalahan tersebut perlu diatasi salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question-Answer Card terhadap keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Tasikmalaya (Quasi-Experimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pendekatan dan Strategi Pergerakan Nasional Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keaktifan belajar sebagai pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question-Answer Card terhadap keaktifan Belajar Siswa. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: pembelajaran sejarah, model Teams Games Tournament , keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:46 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10464 |
Actions (login required)
View Item |