PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUESTION-ANSWER CARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA (Quasi-Experimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pendekatan dan Strategi Pergerakan Nasional Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

FAUJIAH, WANDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUESTION-ANSWER CARD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA (Quasi-Experimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pendekatan dan Strategi Pergerakan Nasional Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (289kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. lembar penguji.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (458kB)
[img] Text
7. MOTTO.pdf

Download (277kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (476kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (742kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (853kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Hal tersebut terbukti dengan tidak terpenuhinya indikator keaktifan yaitu kurangnya keterlibatan siswa, kurangnya interaksi belajar siswa, serta kurangnya proses pemecahan masalah pada siswa. Permasalahan tersebut perlu diatasi salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question-Answer Card terhadap keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Tasikmalaya (Quasi-Experimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pendekatan dan Strategi Pergerakan Nasional Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keaktifan belajar sebagai pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question-Answer Card terhadap keaktifan Belajar Siswa. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: pembelajaran sejarah, model Teams Games Tournament , keaktifan belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:46
Last Modified: 10 Aug 2023 02:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10464

Actions (login required)

View Item View Item