Kurniasari, Sri (2023) PENGARUH RASA PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C (STUDI PADA PAKET C DI SKB KOTA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (64kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (77kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (184kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (154kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (281kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (311kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar peserta didik paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan mempertegas untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal, siswa tidak hanya didasari oleh kemampuan intelektual semata, namun dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti rasa percaya diri. Dengan adanya rasa percaya diri diri, seorang warga belajar akan menemukan solusi agar tidak ragu, yakin terhadap kemampuan diri, berani untuk mengungkapkan pendapat, dan melakukan berbagai hal dalam menunjang proses belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini memerlukan pengujian dasar, seperti pengujian normalitas, linieritas data, dan pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 45 sampel warga belajar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Ditemukan hasil bahwa rasa percaya diri memiliki pengaruh terhadap hasil belajar warga belajar Paket C di SKB Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil analisis determinasi R-Square diperoleh nilai sebesar 0,212 artinya besarnya keragaman variabel Hasil Belajar (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel Rasa percaya diri yaitu sebesar 21,2%. Sedangkan sisanya sebesar 78,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak Rasa percaya diri berpengaruh terhadap hasil belajar. Kemudian tingkat korelasi antara variabel rasa percaya diri terhadap Hasil Belajar adalah sebesar 0,460 yang artinya tingkat korelasinya sedang. Kata Kunci : Percaya Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:44 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10436 |
Actions (login required)
View Item |