EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

UZZAKIYAH, ANNISA (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-LAMPIRAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model quantum learning berbantuan wordwall lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik daripada yang menggunakan model quantum learning tanpa berbantuan wordwall, penggunaan model quantum learning berbantuan wordwall lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik daripada yang menggunakan model problem based learning, serta penggunaan model quantum learning tanpa berbantuan wordwall lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik daripada yang menggunakan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan IBM SPSS Statistic 25. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, uji homogenitas menggunakan Levene’s dan uji hipotesis menggunakan ANOVA-one way serta dilanjutkan dengan uji Post Hoc jenis Fisher's Least Significant Difference (LSD) dan uji perbedaan rata-rata dengan uji pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model quantum learning berbantuan wordwall tidak lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik daripada yang menggunakan model quantum learning tanpa berbantuan wordwall, penggunaan model quantum learning berbantuan wordwall lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik daripada yang model problem based learning, dan penggunaan model quantum learning tanpa berbantuan wordwall lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik daripada yang menggunakan dengan model problem based learning. Kata kunci: Efektivitas, Model Quantum Learning, Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:20
Last Modified: 07 Aug 2023 08:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item