Salsabila, Haura (2023) UPAYA PENGELOLA BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS UNTUK MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi pada Rumah Belajar Arkamaya di Desa Sukamantri Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (114kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (80kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (12kB) |
|
Text
6. PERSEMBAHAN.pdf Download (128kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (105kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (132kB) |
|
Text
9. MOTTO.pdf Download (233kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
|
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (4kB) |
|
Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4kB) |
|
Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4kB) |
|
Text
14. BAB 1.pdf Download (148kB) |
|
Text
15. BAB 2.pdf Download (413kB) |
|
Text
16. BAB 3.pdf Download (40kB) |
|
Text
17. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bimbingan belajar adalah suatu kegiatan yang membatu peserta didik dalam memecahkan suatu permasalahan dan juga membatu peserta didik dalam meningkatkan minat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dengan hal ini bimbingan belajar pada umumnya suatu hal yang memberikan wadah kepada peserta didik untuk mendapatkan informasi mengenai seputar pendidikan tinggi. Lembaga bimbingan belajar ini diadakan dengan tujuan untuk dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya pendidikan tinggi dan tujuan yang paling utamanya yaitu untuk meningkatkan minat siswa sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini agar lebih mengetahui upaya dari bimbingan belajar ini dapat mampu meningkatkan minat siswa sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan tinggi atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Adapun teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi,wawancara dan juga dokumentasi. Hasil dari analisis penelitian Upaya bimbingan belajar dalam meningkatkan minat siswa sekolah menengah pengelola mempunyai cara untuk meningkatkan antusias dan juga minat untuk melanjutkan pendidikan tinggi yaitu salah satunya dengan cara mengadakan suatu sosialisasi yang didalamnya bertujuan untuk membuka pikiran para remaja yang ada disekitar yang dimana remajanya banyak memilih untuk bekerja dan menikah setelah lulus sekolah, dengan ini pengelola berhasil membuka pikiran remaja bahwasannya pendidikan tinggi ini sangatlah penting bagi dirinya, sehingga kegiatan yang ada di dalam bimbingan belajar tersebut berhasil meningkatkan minat siswa sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar Arkamaya telah berupaya untuk meningkatkan minat siswa sekolah menengah atas untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui program�program dan juga kegiatan sosialisasi yang ada di dalam bimbingan belajar tersebut. Program yang ada di bimbingan belajar tersebut di anataranya ada program sosialisasi seputar perkulihan, program colaborasi dengan komunitas lain yang berisikan tentang pemberian dorongan atau motivasi mengenai pentingnya pendidikan dan juga program pengabdian masyarakat, program kegiatan belajar intensif dengan pemberian materi dan soal-soal setiap minggunya untuk mempersiapkan diri untuk bisa masuk ke perguruan tinggi. Kata Kunci : Upaya Pengelola Bimbingan belajar, minat, pendidikan tinggi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 01:45 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 01:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10328 |
Actions (login required)
View Item |