Oktavia, Vina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (201kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (404kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (304kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (455kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (320kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (715kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (381kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Menelaah serta menyajikan teks persuasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut diperlukan komponen pembelajaran. Model pembelajaran terlibat dan terintegrasi dengan komponen pembelajaran seperti tujuan, metode, dan evaluasi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran teks persuasi yakni model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yakni 32,05 (pretest) dan 81,65 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menyajikan teks persuasi yakni 52,25 (pretest) dan 80,95 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yakni 34,20 (pretest) dan 64,60 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menyajikan teks persuasi yakni 55 (pretest) dan 71,50 (posttest). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 01:12 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 01:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10324 |
Actions (login required)
View Item |