PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

NURHASANAH, MIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (76kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

MIA NURHASANAH. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RETENSI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline terhadap keterampilan berpikir kritis dan retensi pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yaitu seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen keterampilan berpikir kritis berbentuk soal uraian sebanyak 13 soal, sedangkan instrumen retensi berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 34 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA satu jalur. Skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis dan retensi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline terhadap keterampilan berpikir kritis dan retensi dengan nilai signifikansi 0,000 dan 0,041. Kata Kunci: Problem Based Learning; Articulate Storyline; Keterampilan Berpikir Kritis; Retensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:49
Last Modified: 03 Aug 2023 04:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10260

Actions (login required)

View Item View Item